IKATAN REMAJA MASJID AR-ROHMAT (IKRAMAR) RW 04 DERWATI "NGAJI BARENG ANAK YATIM"

 


Hampir berjalan dua bulan lebih kegiatan Ngaji Bareng Anak Yatim yang dilaksanakan setiap hari sabtu dalam sepekan. Kegiatan Ngaji Bareng Anak Yatim di RW 04 Derwati ini diselenggarakan oleh IKRAMAR (Ikatan Remaja Masjid Ar-Rohmat) dari jam 10.00 – 11.30 WIB dan bertempat di Masjid Ar-Rohmat.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pendataan siapa saja anak-anak yatim yang ada di lingkungan RW 04 Derwati, untuk anak-anak seumuran SD – SMP kurang lebih ada 13 anak dan ada juga beberapa anak lain yang seumuran SMA namun jarang ikut kegiatan mungkin malu padahal harusnya lebih giat lagi karena semakin dewasa tambah berkurang usia” – Ucap Rio Renaldi, selaku ketua IKRAMAR
Biasanya kegiatan ngaji bareng anak yatim ini Rio ditemani 6 anggota IKRAMAR lainnya, walaupun tidak semua anggota IKRAMAR turut hadir dalam kegiatan karena satu dan lain hal, kagiatan ini alhamdulillah bisa terus berjalan dengan lancar sampai sekarang. Adapun ketika acara tertentu anggota IKRAMAR siap membantu.

Menghafal Al-qur’an, membaca Iqro, dan games merupakan bagian dari kegiatan Ngaji Bareng Anak Yatim. Sabtu, 23 Juli 2022 kemarin anak-anak belajar menghafal surat Ar-Rohman dan membaca Iqro, dilanjut sebelum kegiatan berakhir ada kunjungan dari Mahasiswa UPI yang sedang melakukan KKN di Derwati dan memberikan refleksi melalui “Spirited Jar / Botol Penyemangat” yang mana anak-anak tiap orangnya diberi botol yang terdapat lukisan lalu membuat tulisan pada secarik kertas bertuliskan nama lengkap dan panggilan, cita-cita, kesan selama mengaji, dan harapan yang ingin diberikan pada orang tua pada suatu saat nanti.

 

Selama membuat Spirited Jar, anak-anak terlihat kebingungan di awal dan juga kurang mengerti. Dibantu oleh Rio dan kawan-kawan IKRAMAR lainnya alhamdulillah kegiatan membuat Spirited Jar berlangsung dengan lancar serta anak-anakpun terlihat ceria, walaupun beberapa tidak mengerti konsep dari Spirited Jar ini.
“A Rio, ari nyieun botol kieu teh konsepna naon?” – ucap salah satu anak

“A Ulfan botol ajaib ieu bisa memberikan energi penyemangat kumaha carana?” – ucap salah satu anak

 


“Suatu saat, ketika temen-temen mulai bosan untuk mengaji, coba dibuka dan dibaca tulisan yang ada pada kertas di dalam botol ajaib itu. Semoga ketika temen-temen membaca dan mengingat cita-cita dan harapan untuk orang tua, temen-temen menjadi semangat kembali untuk mengaji atau kegiatan lainnya” – ucap Ulfan, selaku Mahasiswa KKN UPI

“Alhamdulillah, walaupun beberapa dari kalian orang tuanya sudah ada yang meninggal dan ada juga  yang masih ada salah satunya. Kalian bisa memberikan yang terbaik buat orang tua dengan menjadi anak yang soleh, yang bisa membanggakan orang tua di dunia maupun di akhirat kelak.” Tambahan dari Rio

Kegiatan Ngaji Bareng Anak Yatim ini pun selesai ditutup dengan sesi foto bersama. Sambil anak-anak pulang alhamdulillah ada santunan berupa amplop berisikan uang untuk anak-anak per orangnya. Anak-anak pun gembira, “… pekan depan insyaAlloh akan ada kegiatan serupa dan lebih meriah diadakan di Masjid Al-Hamid, jangan lupa pada datang yah!! insyaAlloh ada amplop juga” ucap Rio pada anak-anak. Alhamdulillah kegiatan pun selesai dengan lancar.

 

          Sumber :  Ulfan Arfandi S – Mahasiswa KKN 55 UPI


 

Posting Komentar

0 Komentar