Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Meresmikan situs Websites lewat Program Desa Cantik. Acara Pencangan Kelurahan Cinta Statistik yang bertempat di balai Rukun Warga 10 di hadiri Tuan rumah Lurah Derwati, Capat  Rancasari, Forkompincam,Kepala BPS Kota Bandung Bappelitbang dan Diskominfo.08-07-2022.

Pencanagan ini bertujuan meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan lainnya adalah Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik.

Tujuan berikutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan. Tujuan terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan. Dengan Desa Cantik, desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat

Sejak awal bulan Maret tahun 2022, Pembina Desa Cantik BPS Kota Bandung telah melakukan beberapa kali kunjungan ke kantor Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari,  Kota Bandung untuk melakukan diskusi dan pembinaan statistik yang dilakukan di sana.


Ke depan, BPS melalui Pembina Desa Cantik di Kelurahan Derwati akan membuat program pembinaan Desa Cantik di Kelurahan Derwati dengan materi yang sesuai dan melakukan kolaborasi dengan Pemkot untuk menguatkan statistik di kelurahan Derwati.

Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi kelurahan Derwati berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

Program Desa Cantik diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kelurahan Derwati dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki Kelurahan Derwati dalam rangka mendukung program pemerintah.

Suksesnya program Desa Cantik ini, perlu dukungan dari seluruh pihak, tidak cukup dari BPS sebagai leading sector dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat.

Besar harapan BPS Kota Bandung terhadap kesuksesan program Desa Cantik ini dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Kecamatan Rancasari secara khusus, Kota Bandung dan juga Indonesia secara umum.

         Sumber : www.buser-bhayangkara74.com