Ditengah Pandemic Covid-19, Diskusi Harapan kelestarian Seni Bela Diri Pencak Alif bersama KKN UPI 2022 Lingkup Kelurahan Derwati


 

Mahasiswa KKN UPI 2022 Mengadakan pertemuan dengan Perguruan Pencak Alif untuk Membahas Terjaganya Kelestarian Seni Sunda ialah Pencak Silat pada Minggu (31/07/2022).

Perguruan Pencak alif adalah perguruan yang sudah resmi bergabung menjadi bagian SMI (Satria Muda Indonesia), Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPS SMI) merupakan pengembangan diri dari Perguruan Silat “Baringin Sakti”, yang didirikan pada tahun 1955 oleh 3 orang pemuda Minang, yakni : H. Abu Zahar , H. Oemar mantup (mayor laut) , G.M.S. Lebe. Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPS SMI) diresmikan berdirinya pada tanggal 19 Juli 1987 di Lembah Pinus Ciloto -Jawa barat. Adapun gagasan nama pengganti Perguruan Silat “Baringin Sakti” berasal dari H. Prabowo Subianto (Letjen TNI Purnawirawan), semula nama pengganti adalah “Satria Muda” kemudian dilengkapi menjadi “Satria Muda Indonesia”.

Didalam SMI ini sudah banyak yang bergabung dan sekitar 30 provinsi, walaupun dengan adanya keterlibatan Prabowo begitu ketua dewan SMI mengatakan bahwa persilatan di Indonesia tidak boleh masuk ke ranah politik tetap independen.

Dengan hadirnya pencak alif ditengah-tengah wilayah padat penduduk bertujuan untuk melestarikan kesenian bela diri yang diakui oleh dunia, dan menjaga warisan dari leluhur dari generasi ke generasi. Pencak alif sendiri banyak mengajarkan jurus-jurus, antara lain; silat cimande, cikalong, dan masih banyak lainnya. Namun, untuk jurus pencak silat sendiri yang dikuasai adalah jurus hifsi, dan gajah putih.

Penghargaan pencak alif juga tidak diragukan, hal ini dapat dilihat dari juara 3 dalam kompetisi se-Jawa Barat, serta jadwal latihan rutin diadakan setiap satu minggu 3 kali yaitu setiap malam rabu, malam jum'at, dan malam minggu. Dan untuk minggu pagi latihan fisik.

Antusiasme generasi z dalam berpartisipasi untuk ikut menjadi anggota pencak alif sangat tinggi hal ini terlihat dari jumlah anggota sekitar 70 orang, tmeskipun yang tetap konsisten dalam pencak alif ini sampai sekarang berjumlah 30 orang.

Pencak alif sangat berharap ada perhatian dari pemerintah setempat untuk mendukung pelestarian kesenian bela diri, agar pencapaian prestasi lebih meningkat.

 

          Sumber : Mahasiswa KKN 55 UPI  


Posting Komentar

0 Komentar